Tokoh

Erni Djohan, Penyanyi Legendaris Asal Sumatera Barat

Sumbarkita.com, Padang  Erni Djohan merupakan penyanyi legendaris Indonesia keturunan Minangkabau. Ia lahir pada 6 April 1951 dan berasal dari keluarga diplomat, sehingga lama tinggal di luar negeri.

Tahun 1962, Ernie sudah mengisi suara untuk Radio Talentime Singapura. Di negara ini juga ia memulai rekaman pertama.

Menyebut nama Ernie Djohan, masyarakat tanah air khususnya warga Sumatera Barat langsung teringat dengan lagu Teluk Bayur ciptaan Zainul Arifin. Hingga kini, lagu yang mengisahkan tentang anak Minang yang pergi merantau guna menuntut ilmu ini, hingga kini masih lekat di hati warga Sumatera Barat dari berbagai usia. Teluk Bayur sendiri merupakan pelabuhan terbesar di Sumatera Barat yang mulai dibangun pada 1888. Pelabuhan ini dulunya bernama EmmaHaven.

Selain lagu Teluk Bayur, Erni Djohan juga  pembawa lagu Kau Selalu di Hatiku, Senja di Batas Kota, Mutiara yang Hilang, Kenangann Manis Pasti Berlalu, Berikan Daku Jawaban, Senja di Bina Ria, dll.

Ia juga pernah berakting di sejumlah Film seperti Honey, Money and Djakarta Air ( 1970 ), Si Mamad ( 1974 ), Belaian Kasih ( 1966 ), Tiga Sekawan ( 1975 ), Ateng Kaya Mendadak ( 1975 ). Dari berbagai sumber

Komentar Anda