Budaya

Satu-satunya di Indonesia, Tradisi Serak Gula Warga Keturunan India di Padang

Sumbarkita.com, Padang – Serak gulo merupakan pembuka Maulid Sahul Hamid yang diadakan setiap Satu Jumadil Akhir. Tradisi ini merupakan penghormatan kepada Sahul Hamid, salah seorang tokoh penyebar Islam di India.

Tradisi ini sudah ada di Kota Padang sejak ratusan tahun lalu yang dibawa oleh nenek moyang etnis India di Padang dari daerah Nagoor India.

Selain di Kota Padang, Serak Gulo hanya ada di Singapura dan Nagoor India. Penyelenggaraan tradisi ini membuat warga keturunan India Kota Padang, sengaja datang untuk ikut memeriahkan tradisi nenek moyang mereka, apalagi tradisi ini sempat menghilang.

Pelaksanaan Serak Gulo dipusatkan di Mesjid Muhammadan, jalan Batipuh atau yang dikenal warga setempat sebagai Kampung India atau Kampung Kaliang. Mesjid Muhamadan sendiri dibangun oleh nenek moyang etnis India Padang ratusan tahun lalu.

Setelah sejumlah prosesi doa selesai, ribuan bungkus gula hasil nazar warga keturuan indiapun di lempar dari atap mesjid, kepada ribuan warga yang sudah menunggu di halaman mesjid. Rebutanpun tak terelakkan.

Pelaksanaan tradisi Serak Gulo juga merupakan wujud eksistensi warga keturunan India di Kota Padang dan bukti harmonisnya kehidupan antar etnis. Tradisi ini diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik wisata Sumatera Barat. (Ncu)

Komentar Anda