Hari Gunung Sedunia dan Catatan Kelam Gunung Marapi

Sumbarkita.com - 11 Desember menjadi tanggal peringatan Hari Gunung Sedunia atau Hari Gunung Internasional (International Mountain Day).

Istimewa/Wikicommons

Setelahnya, erupsi dikabarkan terjadi pada lagi pada 1979. Menurut arsip digital wayback machine, sebanyak 60 orang meninggal dunia.

Insidennya dikabarkan terjadi di pagi hari 30 April. Letusan ini berdampak terhadap lima desa yang berada di kaki Gunung Marapi.

Selain puluhan orang meninggal dunia, sebanyak 19 orang yang tergabung dalam tim penyelamat juga diberitakan terjebak tanah longsor.

Meski begitu, laporan itu dibantah dan disebutkan bahwa mereka adalah korban longsor (banjir) lahar yang terjadi hujan lebat.

Masih menurut arsip wayback machine, lahar tua dan material vulkanik lainnya di sisi utara dan timur Marapi ketika itu longsor (banjir).

Longsor terjadi dari ketinggian 2.400 mdpl menerjang hingga 20 kilometer ke bawah dengan ketinggian sekitar 70 meter.

Korban yang meninggal dunia dilaporkan bukan 60 orang, melainkan 80 orang. Kerugian lainnya, rumah-rumah warga dan beberapa hektar lahan pertanian rusak.

Adapun erupsi Gunung Marapi lainnya tercatat terjadi pada 1980, 1982, 1984, 1987, 1988, 1994, 1999, 2000, 2002, 2005, 2011, 2014, dan 2023.

Pada 2023, sebelum erupsi besar yang menelan puluhan korban, erupsi terakhir terjadi pada Januari-Februari, dan hingga kini sejak 2011 berstatus waspada atau level 2.

Selain erupsi, peristiwa yang tak kalah menyita perhatian adalah peristiwa tersesatnya 12 pendaki dari Mapala Getrakoda SMAN 1 Batusangkar.

Mereka ketika itu naik Gunung Marapi lewat jalur selatan, atau pintu Simabua. Sebanyak empat orang dilaporkan gugur. 

Peristiwa ini dikenang dengan dibangunnya sebuah tugu kecil persisi di pintu masuk puncak dari jalur selatan yang kemudian diberi nama Tugu Gentrakotda.

Satu lagi peristiwa yang menjadi kenangan para pendaki adalah kisah Pak Guru. Ia bernama Mulzafri, seorang guru les bahasa Inggris di Bukik Apik, Bukittinggi.

Dia meninggal diduga karena serangan jantung ketika memandu dua turis asal Rusia ke Gunung Marapi via jalur Koto Baru.

Para kelompok pencinta alam membangun tugu memorial untuk Mulzafri persis di sebelah Tugu Abel yang kebumidan diberi nama tugu Pak Guru.

Dilain sisi, Gunung Marapi menjadi legenda daerah asal orang Minang Kabau. Mereka meyakini bahwa nenek monyangnya turun dari Gunung ini.

Sejumlah kota yang berada di bawah kaki gunung ini adalah Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang.

Halaman:

Baca Juga

Sumbarkita.com: Berita Dharmasraya Terkini - Sejumlah Wilayah di Dharmasraya Dihantam Banjir
Nagari Bonjol Dharmasraya Dihantam Banjir
Sumbarkita.com, Padang - Polda Sumatera Barat mengerahkan ribuan personelnya untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) tahun ini.
Amankan Nataru, Polda Sumatera Barat Kerahkan Ribuan Petugas
Sumbarkita.com, Bukittinggi - HHarga sembako hari ini, Selasa, 19 Desember 2023, di Bukittinggi masih relatif stabil.
Harga Sembako Hari Ini di Bukittinggi, Cabai Merah Keriting Turun Jauh
Sumbarkita.com, Padang - Pemerintah Kota Padang menggelar Operasi. Pasar Murah menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2024. Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, pasar murah ini akan digelar di 11 kecamatan yang ada.
Pemko Padang Gelar Pasar Murah Jelang Natal dan Tahun, Harga di Bawah Pasar
Sumbarkita.com - Sejarah Kota Padang: Jejak Peradaban di Pemukiman Orang Nias
Sejarah Kota Padang: Jejak Peradaban di Pemukiman Orang Nias
Sumbarkita.com, Padang - BPBD Kota Padang mencatat sembilan orang meninggal dunia karena hanyut dan tenggelam sejak Januari-November 2023.
9 Orang Tewas karena Hanyut di Padang Sepanjang Januari-November, 2 Tertimpa Pohon