Jelang Ganti Tahun, Pemprov Sumbar Dapat Penghargaan dari Ombudsman RI

Sumbarkita.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (Opini Kualitas Tertinggi dalam Standard Pelayanan Publik) dari Ombudsman RI. 

Pemprov Sumbar

Sumbarkita.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik (Opini Kualitas Tertinggi dalam Standard Pelayanan Publik) dari Ombudsman RI. 

Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi, dari Pimpinan Ombudsman RI, Heri Susanto, Kamis (14/12/2023) di Hotel Aryaduta Menteng Jakarta.

Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih menyampaikan, penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik sudah dilakukan sejak Juni hingga Oktober 2023. 

Di antara penerima penghargaan selain kementerian, lembaga, terdapat 26 Pemprov masuk dalam zona hijau.

Jumlah itu terdiri dari 15 Pemprov yang masuk dalam opini kualitas tertinggi dan 11 pemerintahan provinsi masuk kedalam zona kualitas tinggi. 

"Dengan meningkatnya jumlah instansi dan lembaga yang masuk dalam zona hijau dapat diartikan bahwa pemenuhan standard pelayanan publik penyelenggara dan pengelola pengaduan jauh lebih baik dibanding tahun 2022 serta penilaian masyarakat dalam penyelengaraan pelayanan banyak mendapat penilaian secara positif," ujar Najih. 

Menkopolhukam, Mahfud MD yang juga hadir di hari itu mentakan, pemerintah diharapkan dapat melayani masyarakat dan masyarakat juga berhak mendapat pelayanan dan juga memberi pendapat dalam berjalannya pemerintahan. 

Partisipasi masyarakat merupakan investasi yang sangat bernilai karena dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah yaitu dengan menempatkan masyarakat sebagai subjek pembangunan, bukan masyarakat sebagai objek pembangunan. 

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyampaikan rasa terimakasih kepada Ombudsman RI atas pemberian penghargaan ini.

BACA JUGA: Dinilai Terinovatif, Kota Pariaman Dapat Penghargaan dari Kemendagri

"Ini merupakan cambuk kita kedepan agar lebih baik dalam hal pelayanan kepada Masyarakat. Kita berharap agar seluruh OPD memberikan lebih maksimal pelayanan kepada masyarakat, dan masyarakat juga berhak menerima pelayanan yang terbaik dari Pemerintah," kata Mahyeldi. 

Diketahui, Pemprov Sumbar mendapatkan posisi ke-6 dalam penilaian tersebut dengan nilai 97,71.

Baca Juga

Sumbarkita.com, Padang - Pemprov Sumbar mengeluarkan Surat Edaran (SE) menjelang Hari Raya Natal dan pergantian tahun baru 2023 (Nataru).
Pemprov Sumbar Batasi Operasional Angkutan Barang saat Nataru
Sumbarkita.com, Pariaman - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Kota Terinovatif pada Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023.
Dinilai Terinovatif, Kota Pariaman Dapat Penghargaan dari Kemendagri
Kadin Sumbar Desak Pemprov Libatkan Multipihak Susun RPJPD dan RTRW
Kadin Sumbar Desak Pemprov Libatkan Multipihak Susun RPJPD dan RTRW
Sumbarkita.com: Berita Dharmasraya Terkini - Sejumlah Wilayah di Dharmasraya Dihantam Banjir
Nagari Bonjol Dharmasraya Dihantam Banjir
Sumbarkita.com: Berita Pasaman Barat - Terjadi Peningkatan Kasus Pidana di Pasaman Barat Selama Tahun 2023
Terjadi Peningkatan Kasus Pidana di Pasaman Barat Selama Tahun 2023
Sumbarkita.com: Berita Sijunjung Terbaru - Sosok Mayat Pria Ditemukan di Jalinsum Sijunjung, Diduga ODGJ
Sosok Mayat Pria Ditemukan di Jalinsum Sijunjung, Diduga ODGJ