Pemko Padang Wisuda 1.500 Murid SMP Penghafal Al Quran

Sumbarkita.com, Padang - Pemerintah Kota (Pemko) Padang menggelar Wisuda Tahfiz Akbar II Tahun 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Senin, 11 Desember 2023.

Istimewa/Pemko Padang

Sumbarkita.com, Padang - Pemerintah Kota (Pemko) Padang menggelar Wisuda Tahfiz Akbar II Tahun 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Senin, 11 Desember 2023.

Wisuda itu diikuti oleh 1.500 murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri se-Kota Padang.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, memimpin langsung prosesi wisuda itu.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa bangganya atas penyelenggaraan wisuda ini.

"Selamat wisuda tahfiz juz 30 Al Quran bagi anak-anak bapak semua. Semoga terus meningkatkan hafalannya lagi ke depannya," kata Hendri.

Ia menyampaikan, program hafal satu juz Al Quran (juz amma) bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan SMP Negeri sudah menjadi program tahunan.

"Program ini telah saya launching sejak awal 2022 lalu yang disaksikan secara langsung oleh Ustadz Abdul Somad," ujar Hendri.

"Alhamdulillah, sejak dilaunching sampai sekarang program ini terus berjalan dengan baik. Pada Maret 2023 lalu kita juga telah mewisuda sebanyak 1.063 pelajar," tuturnya.

Hendri menyebutkan, tujuan dari program ini adalah untuk memotivasi para peserta didik dalam menghafal dan mempelajari Alquran.

"Begitu pula sekaligus membuktikan program tahfiz Quran sudah berjalan dengan baik di tingkat SD dan SMP se-Kota Padang," imbuhnya.

Terakhir Hendri mengungkapkan, daerah yang ia pimpin saat ini mempunyai 88 ribu lebih siswa SD Negeri, dan 27 ribu siswa SMP Negeri.

"Jumlah ini sangat banyak, untuk itu kita akan terus optimalkan lagi hafalan Al Quran untuk siswa. Semoga melalui upaya ini akan terciptanya generasi penghafal Al Quran," katanya.

Sementara itu, dalam wisuda tersebut sejumlah murid diuumkan sebagai wisudawan terbaik.

Mereka adalah Reisya Laylida Rahma dari SMPN 7 yang hafal 16 juz dan Gisella Ade Natasya dari SMPN 1 yang hafal 10 juz.

Lalu, Thoriq Maulana Akbari dari SMPN 8 yang yang hafal 10 juz dan Fella Maulidhia dari SMPN 13 yang hafal 8 juz.

BACA JUGA: Pemko Padang Pastikan Pasokan Pangan Aman Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023

Baca Juga

Kadin Sumbar Desak Pemprov Libatkan Multipihak Susun RPJPD dan RTRW
Kadin Sumbar Desak Pemprov Libatkan Multipihak Susun RPJPD dan RTRW
Sumbarkita.com, Padang - Pemko Padang mendapatkan penghargaan kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat.
Dinilai Peduli HAM, Pemko Padang Diganjar Penghargaan
Sumbarkita.com, Padang - Pemerintah Kota Padang menggelar Operasi. Pasar Murah menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2024. Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, pasar murah ini akan digelar di 11 kecamatan yang ada.
Pemko Padang Gelar Pasar Murah Jelang Natal dan Tahun, Harga di Bawah Pasar
Sumbarkita.com - Sejarah Kota Padang: Jejak Peradaban di Pemukiman Orang Nias
Sejarah Kota Padang: Jejak Peradaban di Pemukiman Orang Nias
Sumbarkita.com, Padang - Pemko Padang menyerahkan dana hibah penyelenggaraan Pilkada ke KPU Kota Padang senilai Rp18,4 miliar, Senin, 18 Desember 2023.
Tahap Pertama, Pemko Padang Serahkan Dana Hibah Pilkada Rp18 Miliar ke KPU
Sumbarkita.com, Padang - BPBD Kota Padang mencatat sembilan orang meninggal dunia karena hanyut dan tenggelam sejak Januari-November 2023.
9 Orang Tewas karena Hanyut di Padang Sepanjang Januari-November, 2 Tertimpa Pohon